Jumat, 21 Oktober 2011

Proses Perencanaan Keuangan

Perencana Keuangan akan membantu mengalokasikan dana seseorang, keluarga atau organisasi secara lebih sistematik dan spesifik melalui 6 langkah proses Perencanaan Keuangan yaitu ; Melihat situasi keuangan sekarang berdasarkan data-data yang ada, Menetapkan tujuan investasi, Melihat permasalahan yang dapat menghalangi dalam pencapaian tujuan-tujuan investasi tersebut,Mempersiapkan Perencanaan Keuangan secara tertulis, Menerapkan rekomendasi dalam Perencanaan Keuangan, Tinjauan secara teratur terhadap Perencanaan Keuangan yang telah disusun.
Dalam masyarakat yang tumbuh dan berkembang semakin kompleks, seseorang baik sebagai pribadi maupun keluarga dihadapkan dengan tekanan-tekanan, baik dalam karir, pekerjaan maupun lingkungan. Sementara situasi perekonomian yang cepat berubah disebabkan perubahan regulasi,pola produksi, pola distribusi, pola konsumsi dan pemberitaan media. Kebutuhan untuk membuat suatu keputusan keuangan pada saat yang tepat adalah sangat kritikal untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
Suatu perencanaan keuangan dapat membantu suatu proses untuk perorangan, keluarga maupun organisasi dalam mengelola keuangan dengan melakukan identifikasi tujuan keuangan, data diri, data keluarga, data organisasi, analisa permasalahan, rekomendasi dan yang terpenting adalah membantu menerapkan perencanaan serta memantau hasil dari perencanaan tersebut. Perencana Keuangan akan membantu mengelola keuangan dalam hal menabung, membelanjakan, menginvestasikan, memilih produk-produk investasi dan produk asuransi, dan juga membantu mencapai tujuan keuangan.
Perencana keuangan adalah seseorang yang tugasnya membuat rencana keuangan baik dalam bentuk lisan maupun tertulis, dimana apabila rencana tersebut dijalankan,maka yang menjalankannya bisa mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.
Seorang perencana keuangan yang baik juga harus bisa menyampaikan saran-saran keuangannya dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh kliennya yang belum mengetahui secara detail tentang keuangan.
Sebagian dari kita yang hidup dan bekerja mencari nafkah pasti memiliki sejumlah tujuan keuangan dalam hidup kita. Yang dimaksud tujuan keuangan adalah segala tujuan yang ingin dicapai pada waktu yang akan datang, yang membutuhkan sebuah persiapan keuangan.
Banyak pihak telah telah merasakan manfaat dengan memiliki atau membuat rencana keuangan. Kekhawatiran serta pertanyaan yang meliputi masalah keuangan mereka di masa yang akan datang sebagaian besar telah terbantu dan terjawab dengan menggunakan Perencanaan keuangan.
Berhubungan dengan Perencana Keuangan akan memberikan ketenangan karena dapat mengetahui keadaan keuangan dengan bantuan professional untuk mencapai tujuan keuangan anda.
Perencanaan Keuangan dibuat secara personal sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Perencanaan Keuangan fokus pada efek psikologi dan finansial yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan-tujuan finansial. Sebuah Perencanaan Keuangan yang komprehensif memberikan strategi jangka panjang serta perhitungan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar