Kamis, 22 September 2011

Persiapan Dini Pensiun


Persiapan Dini Pensiun lebih penting daripada Persiapan Pensiun Dini. Persiapan pensiun dini memiliki pengertian mengakhiri masa pengabdian pada tempat kerja atau profesi sebelum tiba waktunya. Dimana rata-rata usia pension 55 sd 60 tahun, maka pension dini dapat diartikan mengakhiri masa kerja sebelum usia tersebut. Persiapan pension dini akan mengarahkankan pada pemenuhan pendapatan dan tabungan sebanyak mungkin utuk bekal saat tidak lagi bekerja. Maka persiapan pension dini menuntut seseorang untuk memforsir sebagian besar waktu dan kemampuannya untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya sebagai bekal pension dini. Jika dalam memforsir pendapatan dilakukan dengan cara yang wajar tidak ada masalah, tetapi akan sangat berbahaya apabila memforsir pendapatan dengan cara yang tidak wajar bisa-bisa menikmati masa pension bersama pihak berwajib dengan bermacam kasus.
Pada lain hal persiapan pension dini memiliki arti keinginan berhenti dari tempat bekerja sebagai karyawan untuk selanjutnya berwirausaha. Pension model ini tidak sepenuhnya berhenti bekerja, tetapi hanya pindah kuadran dari karyawan menuju pemilik usaha.
Persiapan dini pension lebih menekankan pada menyiapkan segala kondisi khususnya kondisi keuangan untuk memenuhi kebutuhan setelah tidak lagi berpenghasilan. Berpenghasilan memiliki arti luas untuk karyawan yang tidak lagi bekerja dan pengusaha yang menyerahkan perusahaan kepada penerusnya. Meskipun tidak ada istilah pension bagian sebagian besar pegusaha, tetapi alangkah indahnya jika pada masa tuanya tidak lagi secara aktif mengurus perusahaan, tinggal melakukan pengawasan dan bimbingan kepada penerusnya.
Pentingnya persiapan dini pension perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini :
  1. Inflasi sebagai hukum alam dalam perekonomian menyebabkan harga dan biaya hidup menjadi semakin mahal. Biaya hidup saat ini akan menjadi berlipat-lipat nilainya pada masa yang akan dating.
  2. Rentang waktu yang cukup panjang jika mempersiapkan pension sejak dini, sehingga tersedia waktu yang cukup untuk mengejar laju inflasi biaya hidup yang akan dating.
  3. Nilai dana untuk persiapan pension yang disisihkan dari penghasilan setiap bulan bisa kecil apabila dilakukan sejak dini. Hal ini disebabkan nilai yang kecil tersebut akan menjadi cukup untuk biaya pension karena terdorong pertumbuhan nilai investasi oleh inflasi dan teori time value of money.
Selain persiapan keuangan sejak dini, untuk pension persiapan yang tidak kalah penting diantaranya :
  1. Persiapan mental spiritual, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pemilik kehidupan yang hakiki guna menghindari post power syndrome saat pension. Juga tempat berserah diri atas rizki yang diberikan oleh Nya saat tidak lagi bekerja.
  2. Persiapan kesehatan, perlu menjaga pola makan dan olahraga secara teratur agar tetap fit pada usia lanjut. Sayang apabila dana pension yang telah direncanakan jauh hari akan berpindah secara cepat ke rekening para medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar